Rasyid, Hamidi and Rofiuddin, Moh. (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHOIROT KARANGSUKO. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (2). pp. 42-54. ISSN e-ISSN. 3026-1570, p-ISSN. 3026-2089
![[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP.pdf
Download (335kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja akademik yang kurang memuaskan dari siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di MTs Al-Khoirot Karangsuko. Peneliti mengidentifikasi variabel-variabel yang berpengaruh pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah
untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan kartu domino sebagai media untuk meningkatkan kinerja akademik siswa kelas VIII dalam mata pelajaran penjelajahan samudra oleh bangsa barat di MTs Al Khoirot Karangsuko. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain Quasi
Eksperimental. Desain eksperimental yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen untuk memungkinkan perbandingan. Data
dikumpulkan menggunakan berbagai alat penelitian seperti lembar observasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Studi ini melibatkan total 81 siswa sebagai populasi penelitian, di mana sampel sebanyak 47 orang dipilih menggunakan purposive sampling. Temuan analisis menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam prestasi akademik siswa kelas VIII di MTs Al-Khoirot pada mata pelajaran IPS sebagai
hasil langsung dari penggunaan kartu domino. Analisis regresi linear menunjukkan koefisien korelasi (R)
sebesar 0,482 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,233. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media ini memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap peningkatan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu
domino memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di MTs Al Khoirot.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Domino Card;Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:33 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:33 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1129 |