ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP BABUSSALAM PAGELARAN KABUPATEN MALANG

Ihsani, Muhammad Fathul and Rasyid, Hamidi (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP BABUSSALAM PAGELARAN KABUPATEN MALANG. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (2). pp. 65-72. ISSN e-ISSN. 3026-1570, p-ISSN. 3026-2089

[thumbnail of ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA.pdf] Text
ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum yaitu dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka, sehingga peneliti akan menganalisis pembelajaran IPS di sekolah dengan adanya perubahan kurikulum tersebut yang peneliti lakukan di SMP Babussalam. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh
guru pada mata pembelajaran IPS dengan menggunakan Kurikulum Merdeka di SMP Babussalam. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif, dimana peneliti akan mendeskripsikan dari hasil yang peneliti temukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Temuan dalam penelitian ini adalah guru sudah melakukan perencanaan dengan baik yaitu dengan membuat ATP dan Modul Ajar. Setelah itu guru IPS mengimplementasikan pembelajaran IPS sesuai dengan yang ada di ATP dan Modul Ajar sedangkan pada proses evaluasi pembelajaran guru melakukan
evaluasi secara menyeluruh baik evaluasi kognitif, Afektif dan Psikomotor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis; pembelajaran IPS; kurikulum merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:33
Last Modified: 05 Mar 2025 04:33
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item
View Item