ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP PGRI 4 TIRTOYUDO

Rustantono, Hendra and Nirmada, Nindia Rosa and Rasyid, Hamidi (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP PGRI 4 TIRTOYUDO. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12 (3). pp. 52-57. ISSN E.ISSN.2614-6061, P.ISSN.2527-4295

[thumbnail of ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA.pdf] Text
ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka, inisiatif baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, telah diperkenalkan di beberapa sekolah di Indonesia sejak tahun ajaran 2022/2024. Salah satu contohnya adalah SMP PGRI 4 Tirtoyudo di Kabupaten Malang, yang memulai implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024 untuk siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPS, dengan fokus pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan model analisis data Miles & Huberman untuk memahami dampak dan efektivitas dari penerapan kurikulum ini dalam konteks pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS telah menyusun perencanaan pembelajaran sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dimulai. Selama pelaksanaan, pembelajaran berlangsung sesuai dengan perangkat ajar yang telah disiapkan, meskipun perlu penyesuaian tertentu mengingat kondisi kelas. Guru IPS juga telah melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Secara keseluruhan, penerapan Kurikulum Merdeka di SMP PGRI 4 Tirtoyudo, khususnya dalam pembelajaran IPS, telah berjalan cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:33
Last Modified: 05 Mar 2025 04:33
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item
View Item