Rasyid, Hamidi and Ainiyah, Fitrotul and Rustantono, Hendra (2024) KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9 MTS BUSTANUL ULUM KARANGSUKO. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12 (3). pp. 48-51. ISSN E.ISSN.2614-6061 , P.ISSN.2527-4295
![[thumbnail of KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9.pdf
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru yang berlatar belakang berbeda dengan siswa pengajar dalam proses pembelajaran IPS di salah satu lembaga pendidikan di Desa Karangsuko Pagelaran Provinsi Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas 9 MTs Bustanur Ulum Karangsuko, dan bagaimana struktur sosial guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan grounded theory. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS masih mempunyai banyak kendala dalam memahami IPS dalam proses pembelajaran, dan guru IPS menyusun tiga kontruksi (1) Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari proses kehidupan sehari-hari dan permasalahan sosial dalam masyarakat. (2) Ilmu sosial mempelajari hubungan
manusia antara individu, individu dan kelompok, dan kelompok. (3) Ilmu sosial merupakan disiplin ilmu yang mencakup sejarah, geografi, sosiologi, dan ekonomi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Construction Of Social Studies Teachers, Social Studies Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:32 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:32 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1137 |