PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK MENDUKUNG KETUNTASAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD

Yanti, Yulia Eka and Trianingsih, Risma and Dwiningtias, Rista and CHOLIFAH, TETY and Rustantono, Hendra and Rasyid, Hamidi (2023) PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK MENDUKUNG KETUNTASAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD. EDUABDIMAS: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2 (2). ISSN (e-ISSN. 2964-139X) (P-ISSN. 2964-1381)

[thumbnail of PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK.pdf] Text
PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK.pdf

Download (459kB)

Abstract

Usia sekolah dasar merupakan periode emas dimana anak memerlukan pendampingan yang tepat dalam kegiatan
belajarnya. Pendampingan tersebut ditujukan agar anak mampu mengembangkan aspek - aspek yang menunjang
ketuntasan pada ranah pembelajaran dan hasil belajar anak. Salah satunya dapat diwujudkan melalui
perkembangan aspek kognitif berupa konsep berhitung menggunakan jarimatika. Melalui metode ini anak pada
usia dasar diharapkan mampu untuk menghitung dengan baik menggunakan tubuhnya sendiri berupa jari -
jarinya. Dengan menggunakan metode praktek langsung terhadap anak kelas tiga sekolah dasar, pendampingan
ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja anak dalam berhitung cepat ketika anak belajar secara mandiri,
mengerjakan tugas, maupun melaksanakan ujian di sekolah. Pendampingan ini dapat dikatakan berhasil. Sebab
melalui media pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan menggunakan metode jarimatika ini, anak - anak
dapat berhitung cepat namun tidak membebani memori anak secara berlebihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika, Ketuntasan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 05 Mar 2025 07:11
Last Modified: 05 Mar 2025 07:11
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item
View Item