PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA DALAM MENDUKUNG PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 03 GONDANGLEGI

Yanti, Yulia Eka and Cholifah, Tety Nur and Rustantono, Hendra and Rasyid, Hamidi and Ammany, Tashilul Nailul and Fidayanti, Laila Nur and Ningsih, Ana Andila and Asy’ari, M. Hasyim and Almaidah, Elva and Hidayah, Umamil and Damaiyanti, Fina (2023) PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA DALAM MENDUKUNG PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 03 GONDANGLEGI. EDUABDIMAS: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2 (4). ISSN (P-ISSN. 2964-1381) (E-ISSN. 2964-139X)

[thumbnail of PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI.pdf] Text
PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI.pdf

Download (490kB)

Abstract

Kurikulum pendidikan memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa kompetensi-kompetensi ini diberikan
dengan efektif kepada para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendampingan dalam
literasi numerasi dan adaptasi teknologi untuk mendukung penerapan kurikulum. Pendampingan memiliki peran
krusial dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dan teknologi yang penting dalam
kehidupan sehari-hari serta dunia pekerjaan. Adaptasi teknologi melibatkan kemampuan untuk memahami dan
menggunakan perkembangan teknologi dengan efektif. Dalam dunia yang didorong oleh teknologi, keterampilan
adaptasi ini menjadi semakin penting. Dalam konteks penerapan kurikulum, pendampingan literasi numerasi dan
adaptasi teknologi dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan. Guru dapat berperan sebagai fasilitator dalam
proses pembelajaran, menciptakan lingkungan yang mendorong eksplorasi matematika dan teknologi. Selain itu,
integrasi teknologi dalam pengajaran dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi
generasi digital saat ini. Dalam kesimpulannya, pendampingan literasi numerasi dan adaptasi teknologi
merupakan upaya penting dalam mendukung penerapan kurikulum. Melalui pendampingan yang efektif, siswa
dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang matematika, menguasai keterampilan numerasi, dan
siap menghadapi tuntutan teknologi di masa depan. Oleh karena itu, kolaborasi antara pendidik, siswa, dan
teknologi memiliki peran sentral dalam mencapai tujuan ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi, Numerasi, dan Teknologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 05 Mar 2025 07:09
Last Modified: 05 Mar 2025 07:09
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item
View Item