CHOLIFAH, TETY and Devi, Evelin Corolina and Rodiyah, A’isyatu and Revianti, Reka and Putri, Mutia Nandika Aisyah and Wahyudi, Tri and Yanti, Yulia Eka and Rustantono, Hendra and Rasyid, Hamidi and Siregar, Trio Erawati (2023) PELATIHAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN DAN PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 1 PERMANU. EDUABDIMAS: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2 (4). pp. 287-294. ISSN (P-ISSN. 2964-1381) (E-ISSN. 2964-139X)
![[thumbnail of PELATIHAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN DAN.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PELATIHAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN DAN.pdf
Download (710kB)
Abstract
Upaya tenaga pendidik dalam membina atau membentuk karakter siswa agar dapat disiplin untuk menjalankan
kepribadian yang baik terhadap lingkungannya bisa terwujud dari pembinaan karakter disiplin. Mengandalkan
proses pembelajaran di kelas tidak cukup untuk menanamkan kedisiplinan, harus ada program pendamping untuk
mencapainya. Salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Hal ini dipandang cukup beralasan,
mengingat bahwa hakikat pramuka yaitu pendidikan di luar sekolah yang membantu pemerintah dan masyarakat,
membina dan mendidik anak-anak serta pemuda Indonesia untuk melaksanakan pembangunan manusia di
Indonesia seutuhnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pramuka, mendeskripsikan
implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa
dan faktor penunjang dan penghambat pembinaan karakter disiplin siswa pada kegiatan pramuka di SDN 01
Permanu. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang
digunakan peneliti menggunakan deskriptif kualitatif berdasarkan data primer dan sekunder dari pelaksanaan
penelitian. Kesimpulan Pengembangan karakter disiplin melalui kegiatan kepramukaan di SDN 01 Permanu telah
berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kedisiplinan siswa, saat
bel masuk sekolah berbunyi anak-anak langsung bergegas untuk masuk kelas dan mengikuti kegiatan belajar
mengajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pramuka, Kedisiplinan, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:09 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1147 |