Nabil, Majdzub Muhammad and Nasruddin, Muhammad Arif and Salim, Salim (2024) ETIKA GURU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB AADABUL ‘AALIM WAL MUTA’ALLIM. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3 (1): 1. pp. 1-15. ISSN 2963-4318
![[thumbnail of Artikel Etika Guru Nabil_Arif_Salim.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Etika Guru Nabil_Arif_Salim.pdf
Download (794kB)
Abstract
Dalam dunia pendidikan, pendidik atau guru memiliki tugas dalam memberikan informasi atau pengetahuan serta memberikan contoh berperilaku baik bagi para muridnya. KH. Hasyim Asy’ari dalam kitabnya yang berjudul Aadaabul ‘Aalim wal Muta’allim memberikan petunjuk kepada guru agar bisa menjadi pendidik yang patut dicontoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika guru dan bagaimana konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Aadaabul ‘Aalim wal yang selanjutnya diharapkan dapat bermanfaat sebagai acuan bagi guru agar dapat menjaga sikap, etika, dan perilaku baik. Metode penelitian yang digunakan Muta’alim menggunakan metode library research (kepustakaan). Data-data yang dikumpulkan berasal dari buku, artikel jurnal, dan sumber pendukung lainnya, dengan data primer berupa kitab Aadaabul ‘Aalim wal Muta’allim, karya KH. Hasyim Asy’ari. Data yang terkumpul melalui metode dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan dalam kitab Aadaabul ‘Aalim wal Muta’allim etika seorang guru dibagi menjadi tiga yaitu, etika guru terhadap dirinya sendiri, etika guru terhadap pelajarannya, etika guru terhadap pelajar. Dalam kehidupan sehari-sehari tidak hanya murid yang dituntut untuk memliki etika yang baik, seorang guru juga mempunyai kewajiban untuk beretika dalam segala aspek, karena guru merupakan contoh langsung yang dilihat oleh murid-muridnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arif Nasruddin |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:11 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:11 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1170 |