Ihsani, Muhammad Fathul and Rasyid, Hamidi (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP BABUSSALAM PAGELARAN KABUPATEN MALANG. Universitas Islam Raden Rahmat Malang.
![[thumbnail of ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP BABUSSALAM PAGELARAN KABUPATEN MALANG.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP BABUSSALAM PAGELARAN KABUPATEN MALANG.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum yaitu dari kurikulum 2013 menjadi
kurikulum Merdeka, sehingga peneliti akan menganalisis pembelajaran IPS di sekolah dengan adanya
perubahan kurikulum tersebut yang peneliti lakukan di SMP Babussalam. Tujuan dari penelitian ini
adalah peneliti ingin mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh
guru pada mata pembelajaran IPS dengan menggunakan Kurikulum Merdeka di SMP Babussalam.
Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif, dimana peneliti akan
mendeskripsikan dari hasil yang peneliti temukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Temuan dalam penelitian ini adalah guru sudah melakukan perencanaan dengan baik yaitu dengan
membuat ATP dan Modul Ajar. Setelah itu guru IPS mengimplementasikan pembelajaran IPS sesua
dengan yang ada di ATP dan Modul Ajar sedangkan pada proses evaluasi pembelajaran guru melakukan
evaluasi secara menyeluruh baik evaluasi kognitif, Afektif dan Psikomotor.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis; pembelajaran IPS; kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 05:08 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 05:08 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1199 |