Nafisah, Syayidatun and Rasyid, Hamidi (2023) ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NUR ILAHI. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Malang.
![[thumbnail of ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NUR ILAHI.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NUR ILAHI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum merupakan pedoman untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar mencapai
tujuan pendidikan, karena pada dasarnya kurikulum merupakan pondasi agar pendidikan selalu
mengalami pembaruan. Maka dari itu kurikulum merdeka lahir dan digagas oleh pemerintah baru yakni
kemendikbudristek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peralihan kurikulum, proses adaptasi guru,
dan kendala dalam peralihan kurikulum K 13 ke merdeka belajar. Metode yang dipergunakan ialah
metode kualitatif, pada penelitian ini mempergunakan teknik dokumentasi, wawancara mendalam juga
observasi. Kesimpulan dari hasil analisis yaitu : kurikulum merdeka belajar di MTs. Nur Ilahi sudah
diterapkan mulai tahun ajaran 2022, dengan mempertimangkan beberapa faktor, kemudian
mempersiapkan perangkat ajar. Proses adaptasi guru IPS dilaksanakan dengan menerapkan profil pelajar
pancasila dalam pembelajaran dan mengikuti beberapa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan
guru. Kendala pada peralihan ini terletak pada sumber daya manusia, kemampuan guru, kurangnya
akses dalam pembelajaran, serta perbedaan dalam pemahaman, pemikiran dan cara berfikir peserta didik
dalam memahami kurikulum merdeka.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum K 13, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 05:10 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 05:10 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1201 |