PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ZAINUL ULUM

Holis, Nur and Rasyid, Hamidi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ZAINUL ULUM. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Malang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ZAINUL ULUM.pdf] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ZAINUL ULUM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas VII Mts. Zainul Ulum. Dalam penelitian ini, siswa kelas VII di Mts. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol
pretest posttest non ekuivalen. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VII di Mts. Zainul
Ulum. Hasil data deskriptif menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII
MTs Zainul Ulum, dengan kelas eksperimen lebih sering menerapkan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) (rata-rata 83%) dibandingkan kelas kontrol. , yang tidak (dengan nilai rata-rata
63%). Nilai Sig (2-tailed) hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,000 0,05. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
teknik online tradisional untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Zainul Ulum secara
signifikan (benar-benar) tidak efektif.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: PBL, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 07 Mar 2025 05:14
Last Modified: 07 Mar 2025 05:14
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item
View Item