PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHOIROT KARANGSUKO

Rasyid, Hamidi and Rofiuddin, Moh. (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHOIROT KARANGSUKO. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Malang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHOIROT KARANGSUKO.pdf] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHOIROT KARANGSUKO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja akademik yang kurang memuaskan dari siswa kelas VIII
dalam mata pelajaran IPS di MTs Al-Khoirot Karangsuko. Peneliti mengidentifikasi variabel-variabel
yang berpengaruh pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah
untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan kartu domino sebagai media untuk meningkatkan kinerja
akademik siswa kelas VIII dalam mata pelajaran penjelajahan samudra oleh bangsa barat di MTs Al
Khoirot Karangsuko. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain Quasi
Eksperimental. Desain eksperimental yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design,
yang melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen untuk memungkinkan perbandingan. Data
dikumpulkan menggunakan berbagai alat penelitian seperti lembar observasi, tes, kuesioner, dan
dokumentasi. Studi ini melibatkan total 81 siswa sebagai populasi penelitian, di mana sampel sebanyak
47 orang dipilih menggunakan purposive sampling. Temuan analisis menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam prestasi akademik siswa kelas VIII di MTs Al-Khoirot pada mata pelajaran IPS sebagai
hasil langsung dari penggunaan kartu domino. Analisis regresi linear menunjukkan koefisien korelasi (R)
sebesar 0,482 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,233. Hal ini menunjukkan bahwa
penggunaan media ini memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap peningkatan prestasi akademik
siswa dalam mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu
domino memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di MTs Al
Khoirot.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Media Domino Card;Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 07 Mar 2025 05:16
Last Modified: 07 Mar 2025 05:16
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item
View Item