PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN MALANG

Rustantono, Hendra and Ma’rifah, Arissatul (2021) PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN MALANG. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 5 (7). pp. 527-539. ISSN e-ISSN 2550-0481 p-ISSN 2614-7254

[thumbnail of PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN.pdf] Text
PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peran reward dalam meningkatkan
motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran
IPS kelas VII C di SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian
adalah kelas VII C yang berjumlah 25 peserta didik.
Metode dalam pengambilan data adalah observasi, tes,
angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
dengan adanya peran reward membuat peserta didik
menjadi termotivasi. Hal ini dapat dilihat dari awal
angket pertemuan awal sebesar 66,16% dan angket
pertemuan akhir sebesar 76,16% dengan hal ini
adanya peningkatan sebesar 10%. Peningkatan juga
terjadi pada tes hasil belajar peserta didik.
Peningkatan ini terjadi pada awal siklus I mencapai
angka 50,4% dan mengalami peningkatan pada akhir
siklus II mencapai angka sebesar 97,6%. Adapun
peningkatan dari awal siklus I dan akhir siklus II
sebesar 47,2%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reward, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 08 Mar 2025 01:35
Last Modified: 08 Mar 2025 01:35
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item
View Item