Rustantono, Hendra and Sa’adah, Hanifatus KOMPETENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN DI SMPN 02 KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Sandhyakala: Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 2 (2). pp. 94-103.
![[thumbnail of KOMPETENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPETENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN.pdf
Download (547kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan guru dalam menyusun
Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) serta memahami, meguasai dan menerapkan teori
belajar sesuai taraf perkembangan peserta didik dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini
adalah seluruh dewan Guru SMPN 02 Kepanjen. Pengambilan sampel dilakukan untuk tujuan
tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu diolah, dianalisis penelitiannya, dan
penarikan kesimpulan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan pendidikan guru IPS dalam pembelajaran di SMPN 02 Kepanjen Malang berada
pada kategori "baik" sebesar 60% (3 guru) dan "sangat" sebesar 40% (2 guru). termasuk
dalam kategori "baik". 0% (0 guru) "cukup baik", 0% (0 guru) "tidak baik", dan 0% (0 guru)
"tidak baik". Kemampuan profesional guru IPS di SMPN 02 Kepanjen Malang adalah 60% (3
guru) dalam kategori "baik", 20% (1 guru) "sangat baik" dan 20% "sangat baik". "Cukup
baik" (1) guru), 0% "tidak baik" (0 guru), 0% "tidak baik" (0 guru).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Guru IPS, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 11:15 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 11:15 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1230 |