Rustantono, Hendra and Rohman, Kholilur (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTs. AL AZHAR PAGELARAN. IKIP PGRI Bojonegoro, Bojonegoro.
![[thumbnail of Turnitin PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Turnitin PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan dari Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai diberlakukannya pelaksanaan
kegiatan pembelajaran dari rumah sehingga pembelajaran dilakukan dengan cara daring
(dalam jaringan). Banyak permasalahan yang ditemui saat diterapkannya sistem daring,
seperti kendala jaringan internet, kurangnya minat siswa, dll. Oleh kerena itu penulis
tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi
belajar IPS siswa kelas VIII di Mts. Al Azhar Pagelaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar IPS pada
siswa kelas VIII di MTs. Al Azhar Pagelaran. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs. Al Azhar Pagelaran. Dalam pengempulan
data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu observasi, dokumentasi, angket,
dan wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai perolehan perhitungan SPSS
25 for windows untuk nilai thitung (4,507) > ttabel (1,683) dan nilai signifikansi (0,000)
< ɑ (0,05) yang artinya HO ditolak dan Hɑ diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa
pembelajaran dalam jaringan (daring) berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa
kelas VIII di MTs. Al-Azhar Pagelaran Malang, artinya semakin baik siswa dalam
mengikuti kegiatan pembelajarn daring maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar
IPS yang akan didapatkan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh pembelajaran daring, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 02:43 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 02:43 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1284 |