Rustantono, Hendra and Ma’rifah, Arissatul (2021) PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN MALANG. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
![[thumbnail of Turnitin PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Turnitin PENERAPAN METODE REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peran reward dalam meningkatkan
motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran
IPS kelas VII C di SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian
adalah kelas VII C yang berjumlah 25 peserta didik.
Metode dalam pengambilan data adalah observasi, tes,
angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
dengan adanya peran reward membuat peserta didik
menjadi termotivasi. Hal ini dapat dilihat dari awal
angket pertemuan awal sebesar 66,16% dan angket
pertemuan akhir sebesar 76,16% dengan hal ini
adanya peningkatan sebesar 10%. Peningkatan juga
terjadi pada tes hasil belajar peserta didik.
Peningkatan ini terjadi pada awal siklus I mencapai
angka 50,4% dan mengalami peningkatan pada akhir
siklus II mencapai angka sebesar 97,6%. Adapun
peningkatan dari awal siklus I dan akhir siklus II
sebesar 47,2%.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 02:41 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 02:41 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1289 |