Sanjayawati, Hilda and Rahmawati, Dewi (2024) GENOSIDA REFLEKSI PENTINGNYA PENDIDIKAN HANAN AL HROUB THE WORLD. Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, 4. pp. 408-417. ISSN ISSN 2829-047X
![[thumbnail of GENOSIDA REFLEKSI PENTINGNYA PENDIDIKAN HANAN.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
GENOSIDA REFLEKSI PENTINGNYA PENDIDIKAN HANAN.pdf
Download (220kB)
Abstract
Genosida merupakan bentuk kejahatan kemanusiaan yang memusnahkan populasi berdasarkan identitas etnis, agama, atau kebangsaan, meninggalkan trauma mendalam bagi masyarakat korban. Kejahatan ini bukan hanya tentang
hilangnya nyawa, tetapi juga tentang terputusnya warisan budaya dan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam konteks ini, pendidikan memainkan peran yang esensial
untuk menghalangi terjadinya kekerasan serupa di masa depan. Artikel ini mengeksplorasi kontribusi dan pendekatan pendidikan Hanan Al Hroub, pemenang Global Teacher Prize 2016, dalam menciptakan budaya damai dan inklusif yang berpotensi mengurangi kekerasan sistemik. Pendekatan Hroub yang menitikberatkan pada nilai-nilai tanpa kekerasan, empati, dan permainan sebagai metode pembelajaran dipandang sebagai refleksi penting bagi dunia yang masih
rentan terhadap konflik. Studi ini mengusulkan bahwa pendidikan yang menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dapat menjadi fondasi kuat untuk mencegah genosida dan membangun masyarakat yang lebih toleran dan harmonis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Genosida, Hanan Al Hroub, Konflik, Pendidikan Damai, |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 04:48 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 04:48 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1321 |