Implementasi Media Film Animasi Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Visual-Spatial Intelegence

Maslahah, Wafiyatu and Rofiah, Lailatul and Maulana, Rifky (2021) Implementasi Media Film Animasi Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Visual-Spatial Intelegence. Lembaga Pengembangan Sumberdaya Insani BINA PATRIA.

[thumbnail of Implementasi Media Film Turnitin Wafiya_230428_094727 (1).pdf] Text
Implementasi Media Film Turnitin Wafiya_230428_094727 (1).pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan visual-spatial siswa dalam implementasi Film Animasi pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas X SMK Islam Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. Jenis penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penerapan media ini dilaksanakan melalui pembelajaran secara daring (online) melalui google classroom. Subjek penelitian yakni siswa kelas X TKR SMK Islam Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket visual-spatial Intelegence. Hasil dari implementasi media Film Animasi dapat meningkatkan visual-spatial intelegence siswa. Proses implementasi media Film Animasi ini diawali dengan mengarahkan siswa untuk membuka link Youtube untuk disimak dan difahami. Selanjutnya siswa diarahkan untuk mengisi angket visual-spatial intelegence yang telah dibuatkan oleh peneliti pada Google form yang telah dibagikan pada Google Classroom. Langkah-langak pembelajaran dengan implementasi media Film Animasi yakni tahap perencanaan, melaksanakan proses pembelajaran secara daring (online), melaksanaka pembgaian angket visual-spatial intelegence. Pada siklus 1 terjadi peningkatan, nilai angket pada siklus I rata-rata skor angket sebelum diimplementasikan yakni 98 sedangkat setelah implementasi diperoleh skor 116. Siklus II rata-rata skor angket sebelum diimplementasikan yakni 124 sedangkan setelah diimplementasikan media Film Animasi yakni 138. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan visual spatial-intelegenve siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia setelah diimplementasikan media Film Animasi.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 28 Apr 2023 09:17
Last Modified: 28 Apr 2023 10:50
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item