Firdausi, Rofiqoh and Huda, Moh Khoridatul (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI PERDAMAIAN PADA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS 5 MI. UNIRA Malang.
![[thumbnail of Pengaruh Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Mengintegrasikan Nilai Perdamaian pada Materi Pecahan_pada_Siswa_Kelas_5_MI-2.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Pengaruh Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Mengintegrasikan Nilai Perdamaian pada Materi Pecahan_pada_Siswa_Kelas_5_MI-2.pdf
Download (255kB)
Abstract
Metode pembelajaran Reciprocal Teaching telah dikenal sebagai pendekatan yang memfasilitasi interaksi aktif siswa melalui diskusi kelompok kecil, yang juga dapat mengintegrasikan nilai-nilai perdamaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode ini terhadap peningkatan pemahaman materi pecahan dan penanaman nilai-nilai toleransi, kerja sama, serta empati pada siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching secara efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Selain itu, kegiatan seperti diskusi kelompok, tanya jawab, dan pembagian peran berhasil menciptakan suasana belajar yang kondusif, di mana siswa saling mendukung dan menghargai perbedaan. Nilai-nilai perdamaian yang terintegrasi dalam pembelajaran ini juga menunjukkan dampak positif pada hubungan sosial siswa. Oleh karena itu, metode Reciprocal Teaching dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk MI.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Nilai Perdamaian, Pecahan, MI, Pembelajaran Inovatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Moh Huda |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 00:59 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 00:59 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1346 |