Huda, Moh Khoridatul and Firdausi, Rofiqoh (2024) Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya, Surabaya.
![[thumbnail of Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Sekolah Dasar.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Sekolah Dasar.pdf
Download (587kB)
Abstract
Salah satu cara meningkatkan kemampuan bernalar kritis yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada mata pelajaran matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL pada kemampuan bernalar kritis siswa MI Tarbiyatul Huda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperi-men semu). Penelitian ini menggunakan desain Pre-test dan Pos-test Control Group Design. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS Statistics ver. 2.6. Berdasarkan hasil analisis yang telah di lakukan, hasil Uji F, menghasilkan bahwa nilai Fhitung= 0,466 dengan tingkat signifikansi probabilitas 0,761> 0, 05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa hipotesis yang diajukan di terima. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan model PBL pada materi statistika terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas VI MI Tarbiyatul Huda
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Critical Reasoning, Mathematics |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Moh Huda |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 01:01 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 01:01 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1353 |