Suwadji, Suwadji and Hamid, Imron Rosyadi and rofik, abdul (2024) Transformasi Kebijakan Pendidikan Agama Islam Dalam Menyongsong Indonesia Emas; Sebuah Refleksi Kurikulum Merdeka. JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES, 7 (2). ISSN ISSN 2622-089X e-ISSN 2622-0903
![[thumbnail of Transformasi Kebijakan Pendidikan Agama Islam Dalam .pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Transformasi Kebijakan Pendidikan Agama Islam Dalam .pdf
Download (346kB)
Abstract
Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju pada tahun 2045 dengan tantangan globalisasi, revolusi industri 4.0,
dan perubahan sosial budaya yang dinamis. Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan strategis dalam
membentuk karakter bangsa yang religius, toleran, dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi
kebijakan pembelajaran PAI dalam dalam kurikulum Merdeka yang berfukus pada integrasi nilai-nilai keislaman
dengan kebangsaan, perkembangan teknologi, serta penyesuaian terhadap keberagaman budaya Indonesia.
Transformasi Kebijakan pendidikan memiliki peran strategis dalam mencetak generasi unggul yang siap menghadapi
tantangan dan peluang masa depan. Dalam konteks ini, pembelajaran PAI sebagai salah satu pilar pembentukan
karakter bangsa, harus mampu beradaptasi dan berinovasi agar relevan dengan dinamika lokal dan global. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis literature review. Data dianalisi menggunakan analisis konten yang
kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan PAI perlu menekankan pada pengembangan kurikulum
berbasis nilai-nilai Islam yang kontekstual, pelatihan guru yang inovatif, serta optimalisasi teknologi digital
dalam proses pembelajaran. Selain itu, sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat diperlukan
untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan kebijakan yang tepat,
pendidikan PAI dapat berkontribusi positif dalam mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045 yang beriman,
bertakwa, berdaya saing global, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.T antangan, peluang, dan strategi
implementasi kebijakan PAI yang relevan dengan visi pembangunan nasional juga dibahas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 01:15 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 01:15 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1360 |