Pembelajaran IPS dalam Manifestasi Keterampilan Abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang

Maslahah, Wafiyatu and Rofiah, Lailatul and Makrifah, Durorul (2022) Pembelajaran IPS dalam Manifestasi Keterampilan Abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang. ENTITA : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4 (2). pp. 169-182. ISSN 2716-1226

[thumbnail of PEER REVIEW PEMBELAJARAN IPS DALAM MANIFESTASI.pdf] Text
PEER REVIEW PEMBELAJARAN IPS DALAM MANIFESTASI.pdf - Supplemental Material

Download (487kB)

Abstract

Pembelajaran IPS di abas 21 harus dilaksanakan dengan baik dan dapat mewujudkan keterampilan siswa sebagai bekal dalam masyarakat baik sekarang maupun di masa mendatang serta mampu menjawab tantangan global. Penelitian mengandung tujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan, pembelajaran IPS dalam manifestasi keterampilan abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang. (2) Pelaksanaan Pembelajaran IPS dalam manifestasi keterampilan abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur, (3) Evaluasi pembelajaran IPS dalam menifestasi keterampilan abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran IPS dalam manifestasi keterampilan abad 21 telah ada seperti prota, promes, RPP dan silabus sudah sesuai, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dalam manifestasi keterampilan abad 21 di Mts Nurl Huda telah berproses dalam mewujudkan siswa aktif dengan pembelajaran menggunakan metode diskusi yang berusaha mendorong dalam keterampilan komunikasi, banun untuk metode ceramahnmasjg belum mewujudkan keterampilan tersebut, (3) Evaluasi pembelajaran di Mts Nurul Huda Bantur Malang guru mengevaluasi siswa menggunakan beberapa tes yaitu tes diagnostik, tes formatif, dan tes sumatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran IPS di MTs Nurul Huda Bantur Malang telag berproses mewuhjudkan keterampilan abad 21 tetapi masih perlu ditingkatkan dalam hal pelaksanaan pembelajaran yang aktif dan interaktif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 28 Apr 2023 10:37
Last Modified: 28 Apr 2023 10:37
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item
View Item