Hidayatulloh, M. Alfin and Pratiwi, Dwi Ajeng Regi and Nafisa, Adita and Wardhani, Rama Aditya Analisis Pemberian Diskon sebagai Strategi Pemasaran Pada PT Jaring Abadi Retailindo. Journal Islamic Business and Enterpreneurship, 3 (2): e. pp. 108-115. ISSN p-ISSN 2964-6316 e-ISSN 2961-8029
![[thumbnail of Analisis Pemberian Diskon sebagai Strategi Pemasaran Pada PT Jaring Abadi Retailindo.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Analisis Pemberian Diskon sebagai Strategi Pemasaran Pada PT Jaring Abadi Retailindo.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (440kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian diskon sebagai strategi pemasaran pada PT Jaring Abadi Retailindo. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode kualitatif yaitu dengan mengkaji atau meneliti dari aspek perkatan yang tertulis ataupun lisan yang akan menghasilkan data deskriptif. teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan)dan analisisdata bersifat induktif. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa strategi pemasaran yang digunakan pada PT Jaring Abadi melalui pemberian potongan harga (diskon) adalah untuk menarik perhatiankonsumen. Strategi ini digunakan dengan tujuan memunculkan keinginan konsumen untuk berbelanjaproduk yang sedang diberikan diskon, lebih lanjut konsumen supaya tertarikpula untuk melihatproduk lain sehingga muncul keinginan untuk membeli atau biasa disebutsebagaipembelian tidak terencana (impulsebuying). Pemberian diskon selalu dikaitkan dengan event-event yang diselenggarakan oleh PT Jaring Abadi Retailindoantara lain diskon untuk anggota/member, diskon berupa voucher, diskon dikala hujan, diskon berupa voucher, diskon berupa buy one get one, diskon padaevent hari raya idul fitri, natal, dan akhir tahun. Pemberian diskon masih sangat relevan digunakanhingga saat inioleh PTJaring Abadi Retailindo, sebagai strategi perusahaan dalammemposisikan konsumen sebagai komponen penting yang harus diperhatikan. Hal ini tentu saja berdampak pada keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan posisi pasar, nilai produk dan loyalitas konsumen sehingga tidak mudah berpalingkepada perusahaan pesaing.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Diskon, Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | adita nafisa |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 01:35 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 01:35 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1384 |