Pengembangan Peta Konsep Berbasis Network Tree Sebagai Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Ips

Rofiah, Lailatul and Maslahah, Wafiyatu and Maghfiroh, Umi (2022) Pengembangan Peta Konsep Berbasis Network Tree Sebagai Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Ips. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Tapanuli Selatan.

[thumbnail of Pengembangan Peta Konsep Turnitin Wafiya_230428_175434.pdf] Text
Pengembangan Peta Konsep Turnitin Wafiya_230428_175434.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditujukan karena penggunaan media peta konsep pada mata pelajaran IPS di SMPI Diponegoro Wagir memiliki beberapa kekurangan, dikarenakan penggunaan media peta konsep dinilai kurang menarik, yakni dengan menggambar poin peta konsep tersebut pada papan tulis tanpa ada gambar dan warna yang mendukung, sehingga ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan menyimak dan mencatat kurang baik maka mereka menjadi kurang berkonsentrasi. Maka dari itu, dari analisis kendala dan permasalahan tersebut, peneliti ingin meneliti apakah pengembangan peta konsep berbasis networktree dapat menjadi pemecahan dari masalah diatas dan apakah dapat menjadikan siswa menjadi lebih berkonsentrasi dalam proses pembelajaran IPS hang sedang berlangsung. Desain yang digunakan mengadopsi model desain ADDIE (Analysi, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk pengembangan ini berupa media peta konsep berbasis networktree yang telah melalui proses validasi, yakni ahli media 100%, ahlu materi 100% dan oleh validator angket 100%. Hasil dari respon siswa yang diperoleh pada angket respon siswa terhadap metode terdahulh memperoleh skor sebesar 1353 debgan presentasi 83,5% dapat dikategorikan dengan "cukup valid". Sedangkan pada angket respon siswa terhadap metode peta konsep berbasis networktree, siswa memperoleh skor 1402 dengan presentase 91,0% dapat dikategorikan dengan "sangat valid". Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukan bahwa adanya peningkatan konsentrasi siswa setelah menggunakan metode peta konsep berbasis networktree, siswa dapat memusatkan pikiran pada suatu hal dengan cara menyampingkan hal-hal lain yang tidak berhubungan
Saran peneliti terhadap guru dan peneliti agar dapat terus mengembangkan peta konsep berbasis networktree karena materi yang dikembangkan dalam penelitian ini masih sangat terbatas.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 28 Apr 2023 11:28
Last Modified: 28 Apr 2023 11:28
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item
View Item