Pengaruh Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank BNI Syariah Kcp Kepanjen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unira Malang Angkatan 2017-2018)

Tiasari, Fi’ika and Sanjayawati, Hilda (2022) Pengaruh Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank BNI Syariah Kcp Kepanjen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unira Malang Angkatan 2017-2018). Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Malang.

[thumbnail of Turnitin Pengaruh Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank BNI Syariah.pdf] Text
Turnitin Pengaruh Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank BNI Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat dua jenis bank yaitu bank konvensional dan bank syariah. Tidak dapat dipungkiri bahwa
persepsi masyarakat akan memberikann dampak terhadap kemajuan bank syariah juga akan mendorong
masyarakat untuk memilih dan menggunakan produk bank syariah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat
Menabung Dibank BNI Syariah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNIRA
Malang. Dengan jumlah 1085 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sejumlah
90 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan Metode Sampling Acak (Random
Sampling), yaitu teknik pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa
memperhatikan strata yang ada didalam populasi itu. Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linier
sederhana dengan uji statistik terlebih dahulu. Uji statistik terdiri dari uji t, dan koefisien determinasi (R2).
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian hasil uji t
menunjukkan bahwa variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat.
Nilai thitung lebih besar dari ttabel (13.301 > 1,98698). Sedangkan hasil determinasi R2 sebesar 0,668. variabel
persepsi memberikan pengaruh sebesar 66,8% terhadap variabel minat menabung sedangkan sisanya 33,2%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Minat Menabung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Mar 2025 04:28
Last Modified: 10 Mar 2025 04:28
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item
View Item