Faizah, Faizah (2025) EVALUASI PROGRAM DESAKU TUNTAS DI DESA GONDANGLEGI KULON KABUPATEN MALANG PADA TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-ILMU PEMERINTAHAN-20652011013-FAIZAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-ILMU PEMERINTAHAN-20652011013-FAIZAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-ILMU PEMERINTAHAN-20652011013-FAIZAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-ILMU PEMERINTAHAN-20652011013-FAIZAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-ILMU PEMERINTAHAN-20652011013-FAIZAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-ILMU PEMERINTAHAN-20652011013-FAIZAH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan pelaksanaan tugas dan pengukuran kinerja pemerintah melalui birokrasi. Fenomena pelayanan publik sarat dengan permasalahan, sebagai contoh pelayanan yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah belum memenuhi kualitas yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini ditandai dengan adanya ketidak pastian waktu penyelesaian dan prosedur yang kurang dimengerti oleh masyarakat. Oleh karena itu Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Malang membuat terobosan Inovasi pelayanan yakni Program Desaku Tuntas. Program Desaku Tuntas merupakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang bekerjasama dengan Desa/Kelurahan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi Program Desaku Tuntas di Desa Gondanglegi Kulon, Kabupaten Malang Pada Tahun 2023. Dengan menggunakan Teori evaluasi William N Dunn, yakni efektifitas, kecukupan, responsifitas dan ketepatan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Program Desaku Tuntas di desa Gondanglegi Kulon belum efektif, hal ini dilihat dari belum sesuainya jam kerja
yang ada, minimnya petugas dan prosedur pelayanan yang belum diketahui oleh masyarakat, (2) kecukupan masih kurang, hal ini dilihat dari Sarana dan pra sarana yang kurang memadai, (3) responsivitas masih kurang optimal yang ditandai dari
minimnya jumlah petugas pelayanan, (4) ketepatan pelaksanaan belum tercapainya target sasaran yang sudah direncanakan, hal ini disebabkan karena belum adanya sosialisasi dari desa kepada masyarakat. Sedangkan Faktor pendukung Program
Desaku Tuntas yakni: Adanya SOP yang mengatur jalannya pelayanan Program Desaku Tuntas dan aspek birokrasi yang saling mendukung dan memotivasi bawahannya. Kemudian untuk Faktor Penghambat yakni Kemampuan Aparat/ minimnya SDM dan minimnya Sosialisasi kepada masyarakat, serta Sarana dan
Prasana yang kurang memadai. Saran penelitian adalah menambah petugas pelayanan, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, menambah dan melengkapi sarana dan prasana kerja, serta perlu adanya pemasangan spanduk atau papan
informasi tentang syarat dan prosedur pelayanan Program Desaku Tuntas di sekitar ruang tunggu pelayanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Inovasi, Program Desaku Tuntas. |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:04 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:04 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1550 |