Ainiyah, Fitrotul (2024) KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9 MTs BUSTANUL ULUM KARANGSUKO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-FITROTUL AINIYAH-20842071019-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-FITROTUL AINIYAH-20842071019-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-FITROTUL AINIYAH-20842071019-BAB 2.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-FITROTUL AINIYAH-20842071019-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-FITROTUL AINIYAH-20842071019-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-FITROTUL AINIYAH-20842071019-BAB 5.pdf
Download (940kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi guru yang mempunyai latar belakang berbeda dengan apa yang
diajarkan kepada siswa pada saat proses pembelajaran IPS, yang terdapat disalah satu lembaga pendidikan di desa Karangsuko Pagelaran, Kabupaten Malang. Fokus keterkaitan penelitian ini bertempat di MTs Bustanul Ulum Karangsuko, yakni bagaimana konstruksi sosial tersebut membentuk pengetahuan guru terhadap pembelajaran IPS Terpadu, Kenyataannya masih banyak guru yang belum begitu paham, bahkan dari segi tujuan pun mereka belum begitu
paham dengan apa yang menjadi topik dalam materi IPS. Demikian peneliti tertarik mengambil penelitian yang berjudul “Kontruksi Sosial Guru Pada Pembelajaran IPS dikelas 9 MTs Bustanul Ulum Karangsuko”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana permasalahan yang dialami guru pada proses pembelajaran IPS dan bagaiaman kontruksi sosial guru dalam proses pembelajaran IPS dikelas 9 MTs Bustanul Ulum Karangsuko. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan mendasar dari fakta yang terjadi pada guru IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan grounded theory. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS masih mempunyai banyak sekali
kendala dalam memahami IPS dalam proses pembelajaran dan guru IPS mengkontruksi IPS menjadi tiga kontruksi, (1) IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari proses kehidupan
sehari-hari dalam kehidupan dan permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat, (2) IPS mempelajari hubungan manusia antara individu dengan individu, antara individu dengan
kelompok dan kelompok dengan kelompok, (3) IPS merupakan mata pelajaran yang mencakup mata pelajaran sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontruksi Sosial Guru IPS, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:19 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1560 |