BILLAH, AHMAD MU’TASHIM (2024) PARADIGMA PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PENDIDIK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130054-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130054-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 1.pdf
Download (837kB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130054-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130054-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130054-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130054-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 6.pdf
Download (356kB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan akhlak bagi pendidik yang menginvestigasi paradigma pendidikan akhlak bagi pendidik dalam Islam, difokuskan pada perspektif KH. Hasyim Asy’ari seperti yang terungkap dalam kitab
"Adabul Alim wal Muta’allim". Fokus penelitian melibatkan analisis mendalam terhadap konsep etika dan moral, terutama dalam konteks peran pendidik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pandangan KH. Hasyim Asy’ari memberikan
landasan kokoh bagi pendidik dalam membimbing siswa menuju pembentukan karakter yang bermoral. Temuan ini juga memberikan wawasan tentang implementasi paradigma pendidikan akhlak dan menyoroti strategi efektif dalam
mengatasi tantangan dalam menerapkan nilai-nilai ini dalam pembelajaran. Peneletian ini terfokus pada masalah Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab adabul alim wal Muta’allim? Bagaimana
model pendidikan akhlak bagi pendidik dalam kitab adabul alim wal Muta’allim jika direlevansikan dengan kompetensi guru pendidikan agama islam modern? Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan akhlak menurut
pandangan ulama besar Indonesia ini, dengan mengidentifikasi prinsip-prinsip, metode, dan nilai-nilai yang diusungnya. Melalui analisis teks kitab, penelitian ini
mengungkapkan pemahaman KH.Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan akhlak sebagai inti pembentukan karakter. Paradigma ini menekankan integrasi nilai-nilai
keislaman dalam proses pendidikan, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral dan spiritual siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang obyek utamanya adalah buku-buku atau sumber kepustakaan lain. Maksudnya, data dicari dan ditemukan melalui kajian pustaka dari buku- buku yang
relevan dengan pembahasan, selain dari buku, data dalam penelitian ini juga dapat diperoleh dari jurnal- jurnal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Paradigma Pendidikan, Pendidikan Akhlak, KH.Hasyim Asy’ari, Adabul Alim wal Muta’allim |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:19 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:19 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1571 |