Roikhan, Ahmad (2024) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMP NU Sunan Ampel Poncokusumo). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130009-ROIKHAN AHMAD-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130009-ROIKHAN AHMAD-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130009-ROIKHAN AHMAD-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130009-ROIKHAN AHMAD-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130009-ROIKHAN AHMAD-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130009-ROIKHAN AHMAD-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Indonesia merupakan negara majemuk yang terdiri dari banyak suku, ras dan agama yang berbeda-beda sehingga diperlukan tenggang rasa (toleransi) dalam memahami semua perbedaan yang ada, begitu juga pada lembaga pendidikan kultur unsur di dalamnya beraneka ragam. Oleh karenanya, moderasi beragama memiliki peran yang sangat penting sebagai jalan tengah dalam mengadapi perbedaan di antara keberagaman tersebut. Moderasi dalam pendidikan menjadi faktor penting keberhasilan dalam pembelajaran guna menghadapi tipologi siswa yang beragam. Fokus penelitian dalam penelitian ini yakni 1) Apa kebijakan sekolah dalam implementasi moderasi beragama dalam pendidikan di SMP NU Sunan Ampel
Poncokusumo, dan 2) Bagaimana implementasi moderasi beragama dalam pendidikan di SMP NU Sunan Ampel Poncokusumo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memahami dan mendeskripsikan kebijakan sekolah dalam implementasi
moderasi beragama dalam pendidikan, dan 2) untuk memahami dan mendeskripsikan implementasi moderasi beragama dalam pendidikan di SMP NU Sunan Ampel Poncokusumo.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitaif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, melakukan observasi, dan dokumentasi. Trianggulasi sumber
dilakukan untuk pengecekan keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan sekolah dalam upaya implementasi moderasi beragama dalam pendidikan adalah 1a. mengadakan kegiatan-kegiatan peringatan hari besar nasional dan hari besar islam, b. kegiatan istighosah rutin tingkat guru dan tingkat siswa, c. mengadakan seminar moderasi beragama, dialog lintas agama, bermitra dengan komunitas dan organisasi keagamaan untuk mempromosikan moderasi beragama d. memasang slogan
slogan moderasi beragama, serta e. dengan melaksanakan pembinaan karakter siswa. 2. Implementasi adalah proses penerapan rencana, kebijakan, atau program
yang telah dirancang sebelumnya ke dalam tindakan nyata. Pada dasarnya, implementasi mencakup serangkaian langkah dan prosedur yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Maka implementasi moderasi beragama dalam pendidikan adalah dengan cara menerapkan dan melaksanakan kebijakan tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | moderasi beragama, pendidikan.islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1574 |