Wijaya, Andi (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI PEACE EDUCATION PADA SISWA MTS WALISONGO KARANGSARI BANTUR MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130044-ANDI WIJAYA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130044-ANDI WIJAYA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130044-ANDI WIJAYA-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130044-ANDI WIJAYA-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130044-ANDI WIJAYA-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130044-ANDI WIJAYA-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku yang harmonis serta mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang peace education,dengan mengimplementasikan pendidikan agama Islam sebagai strategi untuk meningkatkan nilai-nilai peace education pada siswa juga pentingnya integrasi pendidikan agama Islam dalam kurikulum untuk menciptakan lingkungan belajar yang damai dan toleran.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Apa Nilai-nilai Peace Education yang ditanamkan oleh guru PAI kepada siwa Mts Barangsari Bantur Malang? 2) Bagaimana Strategi Guru PAI dalam meningkatkan Nilai-nilai Peace Education siwa Mts Walisongo Karangsari Bantur Malang ? 3) Bagaimana Hasil
Implementasi Nilai-nilai Peace Education yang dilakukan oleh guru PAI pada siswa Mts Walisongo Bantur Malang ?. Jenis penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek
penelitian dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah- langkah meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas; triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan Nilai - Nilai Peace Education yang dikembangkan di Mts Walisongo Bantur dapat
dikelompokkan menjadi beberapa program,yaitu Pertama Program harian yaitu kegiatan Akademik dan non akademik, Kedua, program kegiatan pembudayaan Nilai-nilai peace education. Dengan strategi power strategy/ Pemangku kebijakan
dan Persuasive strategy/ keteladanan dan pembiasaan dalam internalisasi nilai-nilai Peace Education dan juga pengembangan kurikulum,sehingga berdampak terhadap sikap dan karakter peseserta didik sesuai dengan tujuan Pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Nilai- nilai, Pendidikan Agama Islam, Peace Education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:23 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:23 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1578 |