Hadori, Hadori (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA (Studi Kasus SDN I Krebet Bululawang Malang, Jawa Timur Indonesia). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130013-HADORI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130013-HADORI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130013-HADORI-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130013-HADORI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130013-HADORI-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130013-HADORI-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Bhinneka tunggal Ika merupakan symbol kemajemukan masyarakat Indonesia,dan keberagaman itu adalah suatu keniscayaan yang alloh swt. Ciptakan di alam semesta ini .Di tengah perkembangan lingkunagan masyarakat majemuk yang dinamis dan dapat merusak sendi-sendi keharmonisan serta persatuan bangsa karena adanya perbedaan yang dilasalah pahami.
Tesis ini memaparkan perlunya internalisasi nilai-nilai agama di sekolah dalam menumbuhkan moderasi beragama, Penelitian dilakukan di SDN I Krebet Bululawang Kabupaten
Malang Jawa Timur Indonesia menngunakan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi,wawancara dan studi dokumentasi,Data dianalisis dengan reduksi data yaitu meramngkum, mengklasifikasi,menginterpretasi,menghubungkan dan membangun
generalisasi konsep-konsep yang merupakan teori.Penyajian data dengan penjabaran makna dan menarik kesimpulan dengan mereview data dan teori yang dibangun dalam penelitian
diungkapkan dengan teori-teori lain.Penelitian ini memperlihatkan bahwa pola internalisasi nilai-nilai agama di sekolah dalam menumbuhkan moderasi beragama. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran spiritualitas dan regiulitas di lingkungan sekolah yang terdapat dalam Pendidikan agama dengan internalisasi nilai-nilai agama di sekolah berperan melahirkan peserta didik yang moderat. Penelitian ini ingin membuktikan bahwa semakin sering nilai-nilai agama diterapkan di lingkungan sekolah,maka semakin mempercepat pemahaman beragama,dan pemahaman beragama seseorang dengan benar,maka akan cepat terbentuknya moderasi beragama di
masyarakat, Penelitian ini dilakukan sebagai respon dari penelitian twrdahulu tentang benih-benih intoleran,radikalisme teroris yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini akan berbeda dengan kesimpulan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa Pendidikan agama di sekolah memicu paham intoleran dan radikal
terorisme,akan tetapi penelitian ini mendukung bahwa banyak belajar dan menjalankan / membiasakan agama dengan baik di lingkungan sekolah maka akan mempercepat terjadinya
moderasi beragama dan budaya damai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan nilai-nilai agama, Moderasi beragama,Toleransi,Harmoni |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:27 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:27 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1584 |