STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM MEMBENTUK KESANTUNAN BAHASA VERBAL SISWA

Anam, Hoirul (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM MEMBENTUK KESANTUNAN BAHASA VERBAL SISWA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130006-HOIRUL ANAM-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130006-HOIRUL ANAM-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130006-HOIRUL ANAM-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130006-HOIRUL ANAM-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130006-HOIRUL ANAM-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130006-HOIRUL ANAM-BAB 6.pdf

Download (998kB)

Abstract

Pengembangan karakter religius memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki moralitas yang kokoh dan spiritualitas yang mendalam. Pendidikan karakter
religius bertujuan untuk membekali individu dengan nilai-nilai keagamaan yang menjadi pedoman dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Karakter
religius mencakup integritas moral, ketekunan spiritual, serta kemampuan untuk menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam tindakan nyata. Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana transformasi organisasi sekolah dalam mengembangkan karakter Religius siswa di SD Negeri 03 Rejoyoso Bantur
Malang, 2) Bagaiamana desain pedagogis Pendidikan karakter yang dirancang untuk Membentuk Kesantunan Bahasa Verbal Siswa melalui Pendekatan VCT di SD
Negeri 03 Rejoyoso Bantur Malang, 3) Bagaimana bentuk pelaksanaan Pendidikan karakter yang dilakukan dalam upaya Membentuk Kesantunan Bahasa Verbal Siswa
melalui Pendekatan VCT di SD Negeri 03 Rejoyoso Bantur Malang. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui transformasi organisasi sekolah dalam mengembangkan karakter Religius siswa di SD Negeri 03 Rejoyoso
Bantur Malang, 2) Untuk mengetahui desain pedagogis Pendidikan karakter yang dirancang untuk Membentuk Kesantunan Bahasa Verbal Siswa melalui Pendekatan
VCT di SD Negeri 03 Rejoyoso Bantur Malang, 3) Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan Pendidikan karakter yang dilakukan dalam upaya Membentuk Kesantunan Bahasa Verbal Siswa melalui Pendekatan VCT di SD Negeri 03
Rejoyoso Bantur Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif naturalistis yaitu
penelitian dengan alami terjadi saat situasi dan kondisi normal, tidak juga dimanipulasi oleh kondisi serta keadaan. Istilah yang menekankan detesis natural. Kehadiran peneliti secara langsung sangat penting dalam pengumpulan data,
dikarenakan untuk menggaris bawahi validitas penelitian. Melalui penelitian kualitatif, peneliti menghadapkan narasumber dan lingkungan secara langsung
dengan begitu intens. Kesimpulan, Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan,
yaitu strategi pengembangan karakter religius melalui pendekatan VCT di SD Negeri 03 Rejoyoso Bantur berhasil dalam membentuk kesantunan bahasa verbal
siswa. Transformasi organisasi sekolah melalui kegiatan keagamaan, desain pendidikan karakter yang menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa dan pelaksanaan pendidikan karakter dalam lingkungan sekitar. Strategi ini
membantu siswa dalam menjalani kehidupan dengan penuh makna dan tujuan spiritual dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan era globalisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Karakter Religius, Pendekatan Value Clarification Technique, Bahasa Verbal Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:27
Last Modified: 23 Sep 2025 03:27
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item
View Item