Hakim, Luthfil (2024) Peran Asesmen Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Blitar. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130022-LUTHFIL HAKIM-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130022-LUTHFIL HAKIM-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130022-LUTHFIL HAKIM-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130022-LUTHFIL HAKIM-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130022-LUTHFIL HAKIM-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130022-LUTHFIL HAKIM-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengkaji peran asesmen bimbingan konseling dalam peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Blitar.
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya bimbingan konseling dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran mendalam tentang proses asesmen bimbingan konseling di sekolah tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait
untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana asesmen bimbingan konseling berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini berupaya menangkap perspektif dan pengalaman dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, konselor, dan siswa, sehingga dapat memberikan gambaran holistik tentang
dinamika dan efektivitas asesmen dalam konteks pendidikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen bimbingan konseling di MAN 2 Blitar memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Konselor sekolah secara aktif melakukan asesmen terhadap kebutuhan dan masalah siswa, kemudian merancang program bimbingan yang sesuai. Program-program ini meliputi sesi konseling individu, bimbingan kelompok, dan kegiatan pengembangan diri yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar serta
pemahaman siswa terhadap materi PAI. Intervensi konselor terbukti membantu siswa mengatasi masalah pribadi dan akademik, sehingga mereka dapat lebih fokus dan berprestasi dalam pelajaran PAI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa asesmen bimbingan konseling memiliki kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI di
MAN 2 Blitar. Dengan adanya asesmen yang tepat dan program bimbingan yang efektif, siswa dapat lebih terbantu dalam mengatasi hambatan belajar, meningkatkan motivasi, dan mencapai prestasi akademik yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:31 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1594 |