Roziki, Mohamad (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MODERASI BERAGAMA DI KAMPUNG PANCASILA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130035-MOHAMAD ROZIKI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130035-MOHAMAD ROZIKI-BAB 1.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130035-MOHAMAD ROZIKI-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130035-MOHAMAD ROZIKI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130035-MOHAMAD ROZIKI-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130035-MOHAMAD ROZIKI-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Di desa Gaprang Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar terdapat sebuah kampung yang dinamakan dengan Kampung Pancasila. Dinamakan Kampung Pancasila karena di kampung ini ada penganut agama Islam, Kristen, dan Hindu Bandung hidup rukun dengan menerapkan niai-nilai moderasi beragama. Kerukunan beragama ini tercipta dari masing-masing tokoh agama yang selalu menunjukkan toleransi, menanamkan nilai-nilai keseimbangan pada umatnya, bahkan sering diantara tokoh agama tersebut bekerjasama dalam mewujudkan
Kampung Pancasila yang rukun. Guru PAI danggap sebagai tokoh agama dan mampu mewarnai kegiatan bahkan sebagai penggerak kegiatan di Kampung Pancasila ini. Dari paparan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dikaji
adalah a) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Nilai-nilai Moderasi Beragama di Kampung Pancasila? b) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai Moderasi Beragama di
Kampung Pancasila? c) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun nilai-nilai moderasi beragama di Kampung Pancasila? Penelitian ini bertujuan untuk a) mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama di Kampung Pancasila b) mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai moderasi beragama di Kampung Pancasila c) mendeskripsikan guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun nilai-nilai Moderasi Beragama di Kampung Pancasila
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi lapangan dan studi pustaka.sedangkan jenis penelitian menggunakan
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam, aparatur
desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Sumber data lainnya diperoleh melalui buku, jurnal, artikel,skripsi, tesis dan website. Hasil penelitian menunjukan, bahwa peran guru PAI dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai moderasi moderasi beragama di Kampung Pancasila yang
dipahami sebagai suatu keseimbangan dalam beragama melalui sikap dan tindakan yang saling menghargai, menghormati, dan terbuka dalam menjalankan aktivitas
keagamaan menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing dengan damai dan nyaman. Implementasi tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan keagamaan, peringatan hari besar agama maupun peringatan hari kemerdekaan RI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Modersi Beragama, Kampung Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:35 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:35 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1601 |