KONSTRUKSI MODEL PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEBHINEKAAN SANTRI DI PPAI DARUSSALAM BABATAN

Fuad, Nur (2024) KONSTRUKSI MODEL PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEBHINEKAAN SANTRI DI PPAI DARUSSALAM BABATAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130025-NUR FUAD-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130025-NUR FUAD-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130025-NUR FUAD-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130025-NUR FUAD-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130025-NUR FUAD-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130025-NUR FUAD-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model Moderasi Beragama mengacu pada pendekatan yang melibatkan berbagai keterampilan, sikap, dan karakter santri dengan menciptakan suasana beragama yang mengandung dan mengembangkan sifat wasath yaitu nilai-nilai
Islam yang terbentuk atas dasar pemikiran yang lurus dan pertengahan serta cenderung tidak berlebihan dalam hal tertenu. Di Pondok Pesantren Salaf tidak ada kurikulum yang sama dengan kurikulum pada pendidikan formal. Kurikulum di pesantren salaf disebut dengan manhaj yang dapat diartikan sebagai arah pembelajaran tertentu. Manhaj di Pondok
Pesantren Salaf ini tidak berupa uraian silabus, melainkan berupa funun dari kitab-kitab yang diajarkan kepada para santri. Fokus penelitian ini 1. Bagaimana Model Pendidikan Moderasi Beragama yang dilakukan di Pondok Pesantren Darussalam Babatan Kota Malang 2. Sikap Kebhinekaan apa yang ingin dibentuk melalui Pembelajaran Moderasi Beragama
di Pondok Pesantren Darussalam Babatan Kota Malang 3. Bagaimana kerangka kerja kurikulum Moderasi Beragama dalam membentuk Sikap Kebhinekaan Santri di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Lingkungan Pendidikan. Objek
penelitian ini adalah internalisasi nilai nilai profetik dalam penguatan Sikap Moderasi Beragama. Subjek penelitian ini adalah pimpinan lembaga, guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Bentuk nilai-nilai moderasi beragama
yang teraktualisasi di Pondok Pesantren PPAI Darussalam Babatan diantaranya yaitu : Tawassuth (Mengambil Jalan tengan), Tawazzun (Seimbang), Tasammuh (Toleransi). 2) Upaya untuk meningkatkan sikap kebhinekaan di usung PPAI
Darussalam lewat program yang mencakup interaksi baik antar santri atau dengan masyarakat sekitar, diskusi keagamaan, dan organisasi. (3). Pondok Pesantren PPAI
Darussalam mengatur kurikulum pembelajaran yang di wadahi dengan pengajian kitab kuning, madrasah diniyah, sorogan kitab, dan Syawir atau musyawaroh tentang berbagai permasalahan di kitab kuning, dan untuk sikap kebhinekaan nya di balut dengan kegiatan kerja bhakti pondok atau Ro’an.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Moderasi Beragama, Kurikulum Pesantren, Sikap Kebhinekaan Santri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:39
Last Modified: 23 Sep 2025 03:39
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item
View Item