STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL IHSAN JERU TUREN MALANG

Rohmatin, Rohmatin (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL IHSAN JERU TUREN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130026-ROHMATIN-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130026-ROHMATIN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130026-ROHMATIN-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130026-ROHMATIN-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130026-ROHMATIN-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130026-ROHMATIN-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepala Madrasah harus memiliki strategi dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan. Ini karena salah satu ukuran yang paling mudah untuk mengetahui seberapa berkualitas suatu madrasah adalah kelengkapan sarana dan
prasarananya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis strategi yang digunakan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, mulai dari perencanaan dan pengadaan
hingga pengendalian kualitas. Optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pendidikan di Madarasah Ibtidaiyah Al Ihsan Jeru Turen Malang, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan
di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, diantaranya: pengurangan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pemeriksaan
keabsahan data melalui trigulasi dan keterpercayaan, keteralihan, dan ketergantungan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menggunakan tiga pendekatan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana
pendidikan. Strategi pertama mencakup pengembangan program perencanaan dengan mengadakan rapat koordinasi setiap tahun, menetapkan program, menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana, dan membentuk tim khusus. Strategi
kedua mencakup pengembangan program pengadaan dengan membuat sendiri, membangun sendiri, memberikan bantuan atau hibah, penukaran, dan perbaikan. Strategi ketiga merupakan pengembangan program pengendalian dengan cara
inventarisir , pemeliharaan dan penyimpanan.
Berdasarkan hasil penelitian, Strategi Kepala Madrasah dalam
Pengembangan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Jeru Turen Malang, meliputi perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, perbaikan, pemeliharaan, dan pengawasan dan sudah berjalan. dengan baik. Hal ini terlihat dari kesesuaian standar sarana dan prasarana yang telah diterapkan di madrasah. Hal ini berdampak pada peningkatan mutu pendidikan
dari segi kelembagaan. Dengan demikian kesesuaian standar kualitas sarana dan prasarana yang telah ditetapkan dengan kondisi yang sebenarnya, terjadi peningkatan kualitas pendidikan. Ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru,
peningkatan motivasi pembelajaran, peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa setiap tahunnya, dan peningkatan nilai rata-rata kelulusan setiap
tahunnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi kepala madrasah, mutu sarana dan prasarana pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:40
Last Modified: 23 Sep 2025 03:40
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item
View Item