Yulloh, Sofi (2024) TRANSFORMASI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BERBASIS KEBHINEKAAN DALAM MENGUATKAN PEACEFUL BEHAVIOR SANTRI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130028-SOFI YULLOH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130028-SOFI YULLOH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130028-SOFI YULLOH-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130028-SOFI YULLOH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130028-SOFI YULLOH-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130028-SOFI YULLOH-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Transformasi Pendidikan Modeerasi Beragama adalah upaya untuk memperbarui pendekatan dalam pendidikan agama agar lebih inklusif, toleran, dan sesuai dengan konteks zaman. Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang
dikenal dengan sistem pendidikan yang monoton. Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menampung peserta didik dari berbagai daerah, oleh karena itu dibutuhkan Transformasi Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Kebhinekaan Dalam Menguatkan Peaceful Behavior Santri. Adapun focus dan tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui Bagaimana Transformasi Pondok Pesantren dalam mengajarkan Moderasi Beragama pada santri. (2).
Untuk mengetahui Bagaiamana desain pedagogis pembelajaran Moderasi Beragama berbasis Kebhinekaan yang dirancang untuk
menguatkan Peaceful Behavior santri. (3). Untuk mengetahui Bagaimana bentuk pelaksanaan pembelajaran Moderasi Beragama berbasis Kebhinekaan dalam menguatkan Peaceful Behavior santri. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif jenis penelitian lapangan dengan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis data deskripsi kualitatif dengan langkah :Pengumpulan data, reduksi data. penyajian data. menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan Pondok Pesantren Babussalam adalah Pesantren yang telah melakukan transformasi dari pendidikan salaf menjadi
pendidikan yang megintegrasikan antara pendidikan salaf dan modern dengan mendirikan unit pendidikan formal dan non formal. Pondok Pesantren Babussalam juga mendidik para santrinya dengan pendidikan moderasi beragama berbasis
kebhinekaan untuk menanamkan sikap peaceful behavior terhadap santri, dikarenakan di pesantren merupakan pendidikan yang menampung santri dari berbagai daerah. Selain transformasi dibidang pendidikan, pondok pesantren
babussalam juga ber transformasi di bidang organisasi dan manajemennya, dengan mengadakan CCTV di setiap kamar dan area pesantren serta digitalisasi keuangan santri dengan kartu santri. Hal itu diharapkan agar bisa me minimalisir konflik yang ada di pondok pesantren. Pendidikan moderasi beragama yang diaajrkan di Pondok Pesantren Babussalam diterapkan berdasarkan struktur kurikulum yang mengklasifikasikan berdasarkan tingkatan kelas. Selain dalam pendidikan akademik, pondok pesantren babussalam juga membekali santri dengan keterampilan di bidang tekhnologi melalui Multimedia Center dan Balai Latihan
Kerja (BLK), serta kegiatan pembiasaan pesantren seperti Muhadhoroh, gotong royong, pergelaran seni dan ragam budaya Indonesia di Pondok Pesantren Babussalam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformasi Pendidikan Moderasi Beragama, Kebhinekaan, Peaceful Behavior Santri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:42 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:42 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1617 |