Hermanto, Tomy (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURALISME (Studi Kasus di MA Nasruddin Dampit). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130004 - TOMY HERMANTO-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130004 - TOMY HERMANTO-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130004 - TOMY HERMANTO-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130004 - TOMY HERMANTO-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130004 - TOMY HERMANTO-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130004 - TOMY HERMANTO-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam era globalisasi yang ditandai dengan mobilitas tinggi dan interaksi antarbudaya yang intens, keberagaman budaya, etnis, dan agama menjadi fenomena yang tak terelakkan di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk sikap dan perilaku siswa, terutama dalam mengembangkan sikap toleransi dan menghargai keberagaman. Di Indonesia, yang merupakan negara dengan pluralitas budaya, etnis, dan agama, pendidikan multikulturalisme menjadi sangat penting untuk
menghindari konflik sosial dan membangun masyarakat yang harmonis. Pendidikan Islam multikulturalisme menawarkan pendekatan yang inklusif dan komprehensif dalam mengajarkan nilai-nilai keislaman yang sejalan dengan prinsip-prinsip multikulturalisme, seperti toleransi, kesetaraan, dan penghargaan terhadap perbedaan. Madrasah Aliyah Nasruddin di Kecamatan Dampit adalah salah satu institusi pendidikan yang mencoba mengintegrasikan konsep ini dalam kurikulumnya. Dengan fokus penelitian 1. Bagaimana bentuk dan nilai-nilai
Pendidikan Islam Multikulturalisme di Madrasah Aliyah Nasruddin Kec. Dampit. 2. Bagaimana Implementasi Pendidikan Islam Multikulturalisme di Madrasah Aliyah Nasruddin Kec. Dampit.Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian
adalah pada kurikulum yang inklusif, kegiatan ekstrakurikuler, dan metode pembelajaran.Pendidikan Islam Multikulturalisme di Madrasah Aliyah Nasruddin diwujudkan
dalam bentuk kurikulum inklusif yang menghargai keberagaman budaya, etnis, dan agama. Kegiatan ekstrakurikuler seperti peringatan hari besar keagamaan dan kebudayaan berbagai kelompok dilaksanakan secara rutin. Metode pembelajaran
yang digunakan bersifat interaktif dan kolaboratif. Nilai-nilai utama yang diajarkan meliputi toleransi, kesetaraan, dan penghargaan terhadap keberagaman.Implementasi nilai-nilai multikulturalisme dilakukan melalui integrasi dalam
kurikulum, penggunaan metode pembelajaran kolaboratif, dan pelatihan guru secara berkala tentang pendidikan multikultural.Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam dan Multikulturalisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:43 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1620 |