IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DAN BANDONGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI KITAB FIKIH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIB SONOTENGAH PAKISAJI MALANG

Tsuwaibah, Ubaidatuts (2024) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DAN BANDONGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI KITAB FIKIH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIB SONOTENGAH PAKISAJI MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130042-UBAIDATUTS TSUWAIBAH-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130042-UBAIDATUTS TSUWAIBAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130042-UBAIDATUTS TSUWAIBAH-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130042-UBAIDATUTS TSUWAIBAH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130042-UBAIDATUTS TSUWAIBAH-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130042-UBAIDATUTS TSUWAIBAH-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Al-Munib Sonotengah Pakisaji Malang, ini sama seperti Pondok pada umumnya yakni mengajarkan berbagai ilmu agama. Adalah muatan kegamaan yang lebih ditekankan adalah pendalaman kitab kuning berbasis Pembelajaran fikih yang selama ini dipelajari mulai dari tingkat madrasah
ibtidaiyah sampai tingkat musyawarah, cenderung monoton dalam penyajiannya, hal ini berakibat pada rendahnya pemahaman pese rta didik terhadap materi –materi
agama yang semestinya mereka kuasai, bahkan tidak jarang kita lihat pada diri peserta didik mendapatkan pemahaman yang salah dan tidak sesuai sasaran yang di maksud. Materi fikih yang syarat dengan praktik praktik keagamaan, seringkali diajarkan tanpa bersentuhan langsung dengan pelaksanaanya, sehingga tidak “membekas” dalam diri peserta didik. Metode ceramah/ pidato merupakan metode yang sering dan bahkan menjadi favorit guru agama dalam menyajikan pelajarannya sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang di minati, Salah satu metode yang khas dalam mengajarkan kitab kuning adalah dengan menggunakan metode sorogan dan
metode wetonan atau bandongan. Pada prakteknya metode sorogan disebut juga metode yang bersifat individual (individual learning) Definisi sorogan: “sistem
pengajian yang disampaikan kepada murid-murid secara individual”. Sedangkan metode ketika para peserta didik yang sudah mampu mengikuti pelajaran dari seorang guru agama akan duduk berkumpul mengitari seorang guru. Ketika guru
tersebut membaca kitab, peserta didik memberikan tanda pada kitabnya. Inilah yang disebut dengan metode wetonan. Di Sumatra dikenal dengan metode halaqoh Adapun Fokus dari penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi metode
Sorogan dan Bandongan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik memahami kitab fikih dan Bagaimana evaluasi metode Sorogan dan Bandongan serta Bagaimana kompetensi peserta didik setelah menerapkan metode Sorogan dan Bandongan.
Sedangkan Tujuan dari Penelitian adalah mengimplementasi metode Sorogan dan Bandongan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik memahami kitab fikih mengevaluasi metode Sorogan dan Bandongan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik memahami kitab fikih serta Kompetensi peserta didik setelah menerapkan metode Sorogan dan Bandongan dalam
memahami kitab fikih di Pondok Pesantren Al-Munib Sonotengah Pakisaji Malang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peserta didik mampu mengkombinasikan antara kompetensi intelektual dan kompetensi fisik dengan meggunakan metode Sorogan dan Bandongan sudah tepat sasaran dan berhasil
sehingga metode Sorogan dan Bandongan ini menjadi salah satu solusi bagi Pondok Pesantren Al-Munib Sonotengah Pakisaji Malang dalam meningkatkan kemampuan memahami kitab fikih dengan benar dan efektif serta mampu mengurangi kenakalan peserta didik di Pondok Pesantren Al-Munib Sonotengah
Pakisaji Malang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sorogan, Bandongan, meningkatkan kemampuan, kitab fikih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:43
Last Modified: 23 Sep 2025 03:43
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item
View Item