PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER AKHLAQUL KARIMAH BAGI PESERTA DIDIK Di SMK MIFTAHUL ULUM PAGELARAN MALANG

Hamzah, Hamzah (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER AKHLAQUL KARIMAH BAGI PESERTA DIDIK Di SMK MIFTAHUL ULUM PAGELARAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081068-HAMZAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081068-HAMZAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081068-HAMZAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081068-HAMZAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081068-HAMZAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081068-HAMZAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai cara pola berpikir dan berperilaku seseorang yang merupakan mencerminkan dirinya baik secara individu maupun secara
bersama sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat dan bernegara. Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai andil yang besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswanya,
guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama.
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep dan peran gurupendidikan agama islam dalam menanamkan nilai karakter akhlaqul karimah bagi peserta didik di SMK
Miftahul Ulum Pagelaran Malang, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai karakter akhlaqul karimah bagi peserta didik di SMK
Miftahul Ulum Pagelaran Malang. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui konsep dan peran guru PAI dalam menanamkan nilai karakter akhlaqul karimah bagi peserta didik di SMK
Miftahul Ulum Pagelaran Malang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai karakter akhlaqul karimah bagi peserta
didik di SMK Miftahul Ulum Pagelaran Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi data, triangulasi data terbagi menjadi dua tahap yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep yang ditanamkan guru PAI dalam menanamkan nilai karakter akhlaqul karimah bagi peserta didik di SMK Miftahul Ulum Pagelaran Malang yaitu guru menanamkan nilai karakter kedisiplinan, tanggung jawab dan ketertiban dan guru juga berperan sebagai figur, pendidik dan motivator. Sehingga peserta didik di SMK Miftahul Ulum Pagelaran Malang memiliki nilai karakter akhlaqul karimah seperti halnya sopan santun mulai terlihat dari perkataan dan perbuatan, siswa tidak berbohong, siswa bertutur kata kepada guru memakai bahasa halus. Faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam menanamkan nilai karakter akhlaqul karimah bagi peserta didik di SMK Miftahul Ulum
Pagelaran Malang diantaranya yaitu: a. faktor pendudkung: adanya peraturan sekolah dan organisasi intra sekolah. b. faktor penghambat : faktor teman, lingkungan, media sosial dan kekompakan pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Nilai Karakter Akhlaqul Karimah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:09
Last Modified: 24 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item
View Item