Suraya, Indah (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERBAIKI MORAL PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM NGEBRUK MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081069-INDAH SURAYA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081069-INDAH SURAYA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081069-INDAH SURAYA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081069-INDAH SURAYA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081069-INDAH SURAYA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081069-INDAH SURAYA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pembinaan moral pada peserta didik, terutama di sekolah SMP Islam Ngebruk. Perbedaan moral antara siswa yang tinggal di pondok dan tidak tinggal di pondok dapat mempengaruhi perilaku siswa. Permasalahan moral seperti bolos sekolah, tidak ikut sholat berjamaah, merokok, tidak saling menghormati sesama teman dan melawan dengan guru hal ini perlu dibenahi oleh orang tua, guru, dan tokoh masyarakat. Langkah konkret perlu diambil untuk membangun nilai-nilai kebaikan dan spiritualitas dalam diri siswa. Fokus penelitian ini adalah : 1.Bagaimana kondisi moral perserta didik 2. Bagaimana upaya guru PAI sebagai konselor dalam memperbaiki moral peserta didik di SMP Islam Ngebruk 3.Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru pendidikan agama islam dalam memperbaiki moral peserta didik di SMP Islam Ngebruk. Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kondisi moral peserta didik 2. Untuk mengetahui upaya guru PAI sebagai konselor dalam memperbaiki moral peserta didik di SMP Islam Ngebruk. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam mengatasi moral peserta didik di SMP Islam Ngebruk. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian
deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk menggmbarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Dalam perjalanan
mengumpulkan data, penulis mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kondisi moral peserta didik di SMP Islam Ngebruk cukup beragam, hal ini dipengaruhi oleh
pendidikan di sekolah dan pergaulan di masyarakat, dan upaya guru PAI sebagai konselor dalam memperbaiki moral peserta didik meliputi pembinaan PKU (Pendidikan Kecakapan Ubudiyah). Serta faktor pendukung dalam memperbaiki moral
peserta didik meliputi motivasi diri, motivasi keluarga, serta pembiasaan rutin di sekolah. Namun, faktor penghambat meliputi pengaruh lingkungan, kurangnya pemahaman ilmu agama, pembinaan moral yang kurang efektif oleh orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, konselor, moral, peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:16 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1727 |