PENERAPAN METODE AT-TARTIL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL QUR’AN KEPANJEN KAB.MALANG

AKBAR, MUCHAMMAD (2024) PENERAPAN METODE AT-TARTIL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL QUR’AN KEPANJEN KAB.MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081061-MUCHAMMAD AKBAR-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081061-MUCHAMMAD AKBAR-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081061-MUCHAMMAD AKBAR-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081061-MUCHAMMAD AKBAR-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081061-MUCHAMMAD AKBAR-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081061-MUCHAMMAD AKBAR-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca Al-Qur'an dengan tartil merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Metode at-tartil dalam pembelajaran Al-Qur'an bertujuan untuk membantu peserta didik membaca Al-Qur'an dengan tartil dan memahami
maknanya. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode at-tartil dalam pembelajaran Al-Qur'an di suatu lembaga pendidikan Islam. Dari latar belakang itulah, penulis melakukan penelitian di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kepanjen Kab.Malang. Guna mengetahui penerapan pengajaran Al-Qur’an dengan penggunaan metode At-Tartil di Pondok tersebut, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan. Yaitu (1) Bagaimana kegiatan pembelajaran Al
Qur’an dengan penggunaan metode At-Tartil di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kepanjen, Malang? (2) Bagaimana Penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At
Tartil di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kepanjen, Malang? (3) Bagaimana hambatan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Tartil di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kepanjen, Malang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dengan penggunaan metode At-Tartil di Pondok Pesantren
Tarbiyatul Qur’an Kepanjen, Malang? (2) Mendiskripsikan Penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Tartil di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kepanjen, Malang?.(3) hambatan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Tartil di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kepanjen, Malang Guna menyajikan data ilmiah dan tanpa melakukan manipulasi. Penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif
kualitatif sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) Kegiatan pembelajaran At-Tartil sesuai dengan metodologi pembelajaran yang di dapatkan dari pembina TPQ lembaga pendidikan Ma’arif NU cabang Sidoarjo. (2)penerapan metode at-tartil dalam
pembelajaran Al-Qur'an memiliki peran penting dalam membantu peserta didik membaca Al-Qur'an dengan tartil. (3) Dengan mengetahui penerapan metode At-Tartil di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an maka peneliti juga menegaskan bahwa setiap pembelajaran dan penerapan metode ini juga memiliki banyak hambatan hambatan sehingga membuat pembelajaran tidak efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: At-Tartil, Pembelajaran Al-Qur'an, Lembaga Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:50
Last Modified: 24 Sep 2025 07:50
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item
View Item