NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SAYYID MUHAMMAD DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT- TARGHĪB FĪ AT-TARBIYAH WA AT-TAHDZĪB

Aziz, Muhammad Ainul (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SAYYID MUHAMMAD DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT- TARGHĪB FĪ AT-TARBIYAH WA AT-TAHDZĪB. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081151-MUHAMMAD AINUL AZIZ-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081151-MUHAMMAD AINUL AZIZ-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081151-MUHAMMAD AINUL AZIZ-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081151-MUHAMMAD AINUL AZIZ-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081151-MUHAMMAD AINUL AZIZ-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081151-MUHAMMAD AINUL AZIZ-BAB 5.pdf

Download (997kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Sayyid Muhammad dalam Kitab At-Tahliyah Wa At- Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data utama pada penelitian ini adalah kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At- Tahdzīb. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Fokus kajian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Sayyid Muhammad dalam Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At- Tahdzīb. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan secara garis besar Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Sayyid Muhammad dalam Kitab At-Tahliyah Wa At- Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb dibagi menjadi tiga
bagian yaitu Nilai- nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, terhadap orang lain, dan terhadap negara, serta satu bagian sebagai tujuan dalam pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri yang
meliputi; memiliki adab dan berperilaku baik, memiliki sifat jujur, memiliki budi peketi yang baik, memiliki rasa malu, memiliki sifat murah hati, dapat menahan amarah, mempunyai sikap muruah, menghindari sikap sombong, merawat tubuh, dan mengetahui fungsi berpakaian. Sedangkan nilai-nilai
akhlak terhadap orang lain dibagi menjadi tiga bagian yaitu; akhlak terhadap orangtua, guru, dan masyarakat. Pendidikan akhlak mempunyai fungsi untuk mewujudkan tujuan pendidikan yaitu melahirkan manusia yang cerdas dan berkarakter mulia yang dapat berguna bagi diri sendiri, agama, bangsa, dan negara.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Nilai-nilai pendidikan Akhlak, kitab At-Tahliyah Wa At- Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:13
Last Modified: 24 Sep 2025 08:13
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item
View Item