STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SMPN 1 SELOREJO

Mukaromah, Mukaromah (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SMPN 1 SELOREJO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081041-MUKAROMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081041-MUKAROMAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081041-MUKAROMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081041-MUKAROMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081041-MUKAROMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081041-MUKAROMAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus bullying pada siswa yang terjadi di sekolah-sekolah. Terutama di usia remaja, pada tingkatan sekolah menengah
pertama karena siswa masih mencari jati dirinya. Peran guru sangat penting dalam menemukan jati dirinya terutama guru Pendidikan Agama Islam. Guru PAI tidak hanya memberikan pengajaran tetapi juga mendidik siswa agar mempunyai teladan yang baik dan berakhlakul karimah sehingga kasus bullying tidak terjadi dan dapat diatasi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : strategi guru Pendidikan Agama
Islam dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa, apa saja bentuk-bentuk bullying, dan faktor-faktor terjadinya bullying yang terjadi di SMPN 1 Selorejo. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Islam dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa, mengetahui bentuk-bentuk bullying dan mengetahui faktor-faktor terjadinya perilaku bullying pada siswa di SMPN 1 Selorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriftif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa di SMPN 1 Selorejo yaitu : mengadakan sosialisasi,
memberikan nasihat, memberikan contoh yang baik, berkolaborasi dengan pihak kepolisian dan dinas Pendidikan, dan membiasakan program-program keagamaan. Ada empat bentuk bullying yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying relasional dan cyber bullying. Ada tiga faktor terjadinya bullying yaitu karena keluarga yang tidak harmonis, media sosial dan circle pertemanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, guru Pendidikan Agama Islam, bullying
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:55
Last Modified: 25 Sep 2025 02:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item
View Item