Anjani, Retno Tri (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 2 TUREN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081117-RETNO TRI ANJANI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081117-RETNO TRI ANJANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081117-RETNO TRI ANJANI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081117-RETNO TRI ANJANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081117-RETNO TRI ANJANI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081117-RETNO TRI ANJANI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran PAI untuk membentuk profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Turen, dimulai dari strategi kurikulum merdeka,
model implementasi yang digunakan serta factor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI. Sudah kita ketahui bahwa kurikulum merdeka adalah kurikulum baru dengan landasan sebagai penyempurna dari Kurikulum 13. Namun dalam pengimplementasian kurikulum ini
perlu adanya strategi terlebih dahulu bagi para guru sebelum diajarkan kepada siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi implementasi kurikulum merdeka terdiri dari 3 tahap yakni yang pertama memperkuat SDM
khususnya guru lalu memahami karakter siswa serta membentuk tim pengembangan mutu pendidikan. Kemudian juga terdapat model implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI yakni yang pertama penggunaan model pembelajaran PBL, penggunaan model pembelajaran PjBL, lalu pelaksanaan
kegiatan P5. Kemudian juga terdapat factor pendukung dan penghambat yakni factor pendukungnya berupa fasilitas memadai, guru pofesional dan dukungan orangtua. Selanjutnya factor penghambatnya berupa kesulitan penyesuaian materi
dengan siswa, minimnya jaringan internet di sekolah dan minimnya kesiapan guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, strategi, model |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:04 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:04 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1772 |