UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ BANJARPATOMAN AMADANOM DAMPIT

Ramadhan, Sahrul (2024) UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ BANJARPATOMAN AMADANOM DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081091-SAHRUL RAMADHAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081091-SAHRUL RAMADHAN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081091-SAHRUL RAMADHAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081091-SAHRUL RAMADHAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081091-SAHRUL RAMADHAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081091-SAHRUL RAMADHAN-BAB 5.pdf

Download (999kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang berupa mukjizat yang diturunkan kepada penutup para nabi dan Rasul, melalui Jibril, diriwayatkan kepada kita dengan mutawatir, membacanya terhitung sebagai ibadah dan tidak akan ditolak
kebenarannya. Kebenaran Al-Qur’an dan keterpeliharaannya sampai saat ini justru semakin terbukti, dalam beberapa ayat Al-Qur’an Allah telah memberikan penegasan terhadap kebenaran dan keterpeliharaannya. Diantara keistimewaan
Al-Qur’an adalah ia merupakan kitab yang dijelaskan dan dimudahkan untuk di hafal. Tidak hanya itu Al-Qur’an juga memberikan keberkahan untuk kita karna Allah telah memenuhi Al-Qur’an dengan berbagai kebaikan yang tumbuh terus
menerus, setiapkali kita membaca satu surah, lalu mengamalkannya kebaikanpun akan bertambah, kebaikan yang lain juga bertambah begitu seterusnya. Apabila
seorang hamba bersyukur terhadap anugrah Al-Qur’an, Allah akan menambah kebaikannya apabila ia bersyukur untuk kedua kalinya, Allah menambahkan lagi dan seterusnya selama ia beramal karna Allah danmenambah amalnya. Apabila kita
mendapatkan satu kebaikan karena kebaikan itu akan dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan, sehingga kita mengamalkan 11 kebaikan sekaligus. Itupun akan dilipat gandakan lagi menjadi 10 kebaikan maka kita telah mengamalkan yang sebanding dengan 100 kebaikan, demikianlah pahala dan kebaikan semakin berlipat-lipat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren AL-Aziz, upaya-upaya yang dilakukan guru
tahfidz dalam meningkatkan kualitas menghafal serta hambatan-hambatan yang dialami.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Selanjutnya, data disajikan dalam bentuk deskriptif yang sesuai dengan fokus penelitian setelah dianalisis dan di cek keabsahan datanya agar mudah
dibaca dan dipahami untuk ditarik kesimpulan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diketahui bahwa proses pelaksanaan Tahfidzul Qu’ran dilaksanakan setiap hari mulai sabtu sampai dengan hari rabu, kamis libur dan Jumat untuk kegiatan fashohah.Tidak ada target jumlah hafalan setiap harinya, hanya penekanan untuk setoran wajib setiap hari baik setoran tambahan atau murojaah. Batas-batas setoran mulai dari setoran tambahan maksimal 2 lembar setiap harinya dan satu lembar untuk idealnya, sedangkan
setoran murojaah seperempat jus setiap kali setoran.Waktu setoran dibedakan menjadi 2 waktu, ba’da subuh untuk anak laki-laki dan ba’da isya’ untuk anak perempuan. Upaya yang dilakukan guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al
Quran yaitu : 1) pemberian motivasi kepada para santri, 2) mengadakan kegiatan tasmi’ bagi para santri yang mendapatkan hafalan kelipatan lima, 3) membimbing para santri untuk selalu dan tetap murojaah.Sedangkan faktor penghambat dan
pendukung dalam proses menghafal Al-Quran diantaranya : faktor penghambat : 1) rendahnya motivasi dalam diri santri,2), Kedisiplinan yang berbeda,3), alokasi
waktu.Faktor pendukung :1), lingkungan dan tempat menghafal,2), memakai satu jenis mushaf,3), usia yang ideal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya , Menghafal Al-Quran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:04
Last Modified: 25 Sep 2025 03:04
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item
View Item