PENGARUH METODE FUN LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL SISWA

ROHMAH, ULFIA LAILI (2024) PENGARUH METODE FUN LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL SISWA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081124-ULFIA LAILI ROHMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081124-ULFIA LAILI ROHMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081124-ULFIA LAILI ROHMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081124-ULFIA LAILI ROHMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081124-ULFIA LAILI ROHMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081124-ULFIA LAILI ROHMAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan salah satu cara atau metode dalam sebuah pembelajaran, yaitu metode Fun Learning. Metode Fun Learning bisa di implementasikan dalam berbagai macam pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran anak usia dini pada aspek Nilai Agama dan Moral. Nilai Agama dan Moral sangat utama dan menjadi hal pokok dalam pendidikan anak usia dini, karena sebagai salah satu pondasi dalam kehidupannya. Jika anak usia dini tidak didasari oleh nilai-nilai keagamaan dan nilai moral, maka tidak di pungkiri jika anak tersebut dengan mudah diperngaruhi oleh lingkungan sekitar yang tidak baik.
Adalapun rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Fun Learning dalam Penanaman Nilai Agama siswa RA Raden Bagus?, 2) Bagaimana penerapan metode Fun Learning dalam Penanaman Nilai Moral RA Raden
Bagus?, 3) Apakah ada Pengaruh Metode Fun Learning terhadap Perkembangan Nilai Agama siswa RA Raden Bagus?, 4) Apakah ada Pengaruh Metode Fun Learning terhadap Perkembangan Nilai Moral siswa RA Raden Bagus? Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapaun desain penelitian yang memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random menggunakan Non Enqueivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan observasi, tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Dalam pengujian hipotesis, peneliti menggunakan SPSS 2.60 Windows. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) sebelum diterapkan metode Fun
Learning pada nilai agama kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 57,5 dan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 48,5. 2) sebelum diterapkan metode
Fun Learning pada nilai moral kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62 dan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 76. 3) sesudah diterapkan metode Fun Learning pada nilai agama kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 70,5 dan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84. 4) sesudah diterapkan metode Fun Learning pada nilai moral kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69,5 dan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 90,5. Kemudian dalam uji hipotesis paired sample t-test perkembangan nilai agama mengalami peningkatan rata-rata pada kelas kontrol 13,00 dan pada kelas eksperimen peningkatan rata-rata sebesar 35,00. Uji paired sample t-test pada perkembangaan nilai moral juga mengalami peningkatan pada kelas kontrol terdapat peningkatan rata-rata sebear 7,50 pada kelas eksperimen peningkatanyya sebesar 23,00. Hal ini mebuktikan adanya pengaruh
metode fun learning terhadap pekembangan nilai agama dan moral sesuai hipotesis yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu Ho1 dan Ho2 ditolak dan Ha1 dan Ha2 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Fun Learning, Perkembangan Nilai Agama dan Moral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:13
Last Modified: 25 Sep 2025 03:13
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item
View Item