STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ DAMPIT

Thoybah, Ummu (2024) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081155-UMMU THOYBAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081155-UMMU THOYBAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081155-UMMU THOYBAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081155-UMMU THOYBAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081155-UMMU THOYBAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081155-UMMU THOYBAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menghafal Al-Quran bukanlah suatu hal yang mudah, Dalam proses menghafal Al-Quran dibutuhkan kegigihan dan kesabaran serta strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang mulia ini. Upaya guru tahfidz dalam memotivasi santri sangat dibutuhkan untuk menghasilkan penghafal yang berkualitas hafalannya,
bacaannya, ingatannya, serta konsisten dalam menghafal. Dalam konteks ini gurulah yang menjadi kendali utama dalam pelaksanaannya. Peran guru bagi para santri
memberikan segala sesuatu yang diperlukan agar santri tetap semangat menghafal dan meningkatkan hasil hafalannya Berdasarkan hal tersebut fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana motivasi santri Pondok Pesantren Al-Aziz Dampit dalam mengikuti kegiatan tahfidz di
Pondok Pesantren Al-Aziz Dampit. (2) Bagaimana strategi guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran santri di Pondok Pesantren Al-Aziz
Dampit. (3) Apa saja faktor penghambat santri dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Aziz Dampit. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan yang bersifat
deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada sesuai fakta yang ada pada saat penelitian itu dilakukan. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini subjek yang diwawancarai oleh peneliti diantaranya: ustadz pengampu program tahfidz
dan santri di Pondok Pesantren Al-Aziz Dampit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru tahfidz dalam
meningkatkan motivasi hafalan al-quran. Adapun strategi yang digunakan guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi hafalan al-quran antara lain: memberikan motivasi dan dukungan kepada para santri, manajemen waktu, menetapkan target hafalan, menetapkan metode dalam menghafal dan mengontrol kegiatan murojaah dan tambahan setiap hari. Hambatan dari dalam diri para santri adalah kurangnya
kesadaran untuk mengulang ulang hafalan karena rasa malas, adanya ambisi untuk menyelesaikan hafalan lebih besar daripada menjaga hafalan yang sudah didapat.
Sedangkan hambatan dari luar yang dialami adalah kurangnya waktu khusus untuk menghafal, banyaknya tuntutan hafalan pelajaran diniyah dan sekolah serta tidak adanya peraturan tertulis bagi para santri untuk menambah maupun murojaah sesuai kesadaran masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru tahfidz, Motivasi santri, Hafalan Al-Quran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:18
Last Modified: 25 Sep 2025 03:18
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item
View Item