PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS V

Finarizqi, Kamaliyatus Sholiha (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS V. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321009-FINARIZQI KAMALIYATUS SHOLIHA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321009-FINARIZQI KAMALIYATUS SHOLIHA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321009-FINARIZQI KAMALIYATUS SHOLIHA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321009-FINARIZQI KAMALIYATUS SHOLIHA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321009-FINARIZQI KAMALIYATUS SHOLIHA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321009-FINARIZQI KAMALIYATUS SHOLIHA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, guru sering menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan media pembelajaran, karena keterbatasan waktu guru dalam pembuatan media. Akibatnya peserta
didik mudah bosan karena hanya menggunakan metode ceramah Maka untuk mengatasi msalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran e-comic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengembangan Media Pembelajaran E-comic Berbasis Pendekatan KontekstualPada Pembelajaran tematik Muatan IPA kelas V ? (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran e-comic berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V? (3) Bagaimana
keefektifan pengembanga media pembelajaran e-comic berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik muatan IPA Kelas V ? sedangkan tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran e-comic. Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menggunakan Reseach and Development menggunakan model ADDIE. Dalam penelitian ini memiliki lima tahapan, tahapan tersebut yaitu : (1) Tahap Analysis, (2) Tahap Desaign, (3) Tahap Development, (4) Tahap Implementasi, (5) Tahap Evaluation.
Kevalidan media pembelajaran e-comic dari validator ahli media mendapatkan skor 72 presentase 90%, validator ahli bahasa mendapatkan skor 21 dengan presentase 84%, ahli materi mendapatkan skor 27 dengan presentase 90%. Kelayakan media pembelajaran e-comic berdasarkan angket
respon siswa yang diberikan kepada kelompok kecil menghasilkan 58,9% dengan kategori “cukp efektif” dan kelompok besar dihasilkan adalah 82,9% dengan kategori “sangat efektif”. Sedangkan untuk keefektifan nedia
pembelajaran e-comic berdasarkan jumlah nilai prestest dan postest, berdsaarkan nilai pretest mendapatkan 23,52% dan jumlah nilai postest mendapatkan nilai 70,58%, sehingga mengalami peningkatan kategori “Cukup efektif ”

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran E-comic, berbasis kontekstual, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:57
Last Modified: 25 Sep 2025 03:57
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item
View Item