PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Cholifah, Tety Nur and Umah, Ninda Kholilatul PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Tapanuli Selatan.

[thumbnail of PENGARUH_METODE_PEMBELAJARAN_INDEX_CARD_MATCHTERHADAP_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_SISWA_SD (TURNITIN).pdf] Text
PENGARUH_METODE_PEMBELAJARAN_INDEX_CARD_MATCHTERHADAP_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_SISWA_SD (TURNITIN).pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode
pembelajaran yang tidak variatif sehingga menyebabkan
rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi experimental terdiri dari analisis, pretest, dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, tes dengan pretest dan pottest sedangkan
non tes dengan wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis
data dengan analisis deskriptif dan iferensial. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Validitas konstruk dan isi instrumen penelitian sebesar 97% serta validitas secara empiris butir soal dengan kriteria Rhitung > dari Rtabel. Hasil uji reliabilitas 0,932 dengan interpretasi sangat baik. Hasil uji normalitas posttest kelas kontrol
dan kelas eksperimen sebesar 0,200 dan 0,200 sehingga
keseluruhan data berdistribusi normal karena nilai Lhitung > Ltabel . Hasil uji homogenitas data nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,408 dan 0,960 sehingga data dinyatakan berdistribusi homogen karena > dari nilai signifikansi (0,05) . Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel (4,793 > 1,795) sehingga H0 ditolak dan Haditerima.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Index Card Match , Berfikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:56
Last Modified: 03 Jul 2025 02:30
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item
View Item